Materi Teks Eksposisi Beserta Jenis-Jenisnya

Materi Teks Eksposisi Beserta Jenis-Jenisnya

Lycee Haag – Pernahkah kalian di ajak teman untuk bermain? Pasti dalam menyampaikannya pun teman kalian akan menggunakan kalimat ajakan bisa berupa “Ayo”, “Mari” ataupun sebagainya. Hal ini juga termasuk eksposisi singkat, yang mana eksposisi sering diartikan sebagai ajakan, karena memang di dalamnya pun berisi ajakan yang disajikan secara struktural. Struktural di sini dimaksudkan, memenuhi kaidah penulisan teks ekposisi. Nah, bagi kalian yang belum mengenal siapa dan apa itu teks eksposisi. Langsung saja, simak artikel ini untuk lebih memahami dan mampu mendalami materi teks tersebut.

Pengertian Teks Eksposisi

Teks eksposisi merupakan salah satu karangan yang berisi paragraf mengandung sejumlah informasi serta pengetahuan yang disajikan secara singkat, padat, dan akurat. Ada juga yang berpendapat bahwa teks eksposisi ini merupakan jenis teks yang memiliki fungsi untuk menyampaikan gagasan berupa pemikiran mengenai sebuah topik tertentu.

Ragam teks eksposisi ini pun sering digunakan dalam konteks keseharian. Baik komunikasi secara lisan maupun tulisan. Misalnya saja, saat kalian sedang melakukan diskusi di dalam kelas, ada yang menyampaikan informasi dan ada pula yang menanggapi. Tidak jarang juga teks eksposisi demikian, lazim disebut sebagai paparan proses.

Apabila kalian pernah menemukan teks yang berisi ajakan oleh seseorang secara singkat, padat, dan jelas ada kemungkinan ini merupakan teks eksposisi. Sebab, itulah yang menjadi salah satu ciri teks eksposisi yang mana berisi jawaban atas pertanyaan apa, siapa, dimana, kapan, bagaimana, dan mengapa.

Ciri-Ciri Teks Eksposisi

Adapun ciri-ciri teks eksposisi yang diantaranya yaitu, 1)Teks ditulis singkat dan padat, 2) Tulisan mengandung informasi yang mengajak, 3) Penyampaian teksnya secara lugas serta menggunakan bahasa baku, 4) Mampu menjelaskan seputar informasi pengetahuan, 5) Tidak memihak siapapun, hal ini berarti tidak memaksakan kemauan dari penulis terhadap pembacanya, 6) Memiliki sifat yang objektif serta netral, 7) Penjelasannya disertai data-data yang akurat.

Struktur Pembangun Teks Eksposisi

Teks eksposisi ini dibangun oleh beberapa unsur pendukung, hal ini yang menjadi pembeda teks satu dengan teks lainnya. berikut ini struktur teks eksposisi:

Judul Teks Eksposisi

Judul hendaknya menggambarkan sesuatu yang dibahas dalam teks Eksposisi. Judul hendaklah dirangkai dengan kata-kata yang menarik, sarat akan makna dan menarik untuk dibaca.

Pernyataan Umum atau Tesis

Bagian pernyataan umum ini berfungsi untuk memperkenalkan topik. Tidak hanya itu di sini juga menempatkan pembaca pada posisi tertentu. Pada tahap ini penuli memaparkan dasa-dasar yang membuatnya memiliki opini seperti yg disampaikan.

Argumentasi

Bagain argumentasi dari teks Eksposisi berfungsi sebagai pendukung. Panjang serta pendeknya argumntasi ini tergantung pada jumlah argumen yang telah kalian kenalkan secara garis besar dalam pernyataan umum. Kalian bisa menyebutkan ulang dan menjabarkan argumen tersebut dalam bentuk paragraf-paragraf. Pengembangan argumen menjadi bisa kalian gunakan untuk menambah paragraf.

Simpulan Berisi Penegasan Ulang

Pengulangan tersebut dilakukan dengan berdasarkan pada argumen yang telah disajikan di dalam bagian sebelumnya. Pengulangan opini bersifat pilihan, simpulan bisa dibubuhkan penegasan ulang atau langsung berupa simpulan secara umum, sehingga tidak semua teks Eksposisi mempunyainya.

Jenis-Jenis Teks Eksposisi yang Umum

Ada beberapa jenis teks eksposisi yang wajib untuk kalian tahu, diantaranya ada: 1) Eksposisi defini, teks eksposisi yang memaparkan definisi suatu topik tertentu, 2) Eksposisi proses, berisi langkah-langkah atau cara-cara untuk melakukan sesuatu dari awal hingga akhir, 3) Eksposisi ilustrasi, yaitu teks yang memaparkan informasi dengan caranya memberikan gambaran sederhana, 4) Eksposisi laporan yaitu paragraf eksposisi yang mengemukakan laporan dari sebuah berita atau penelitian tertentu.

Itulah beberapa materi mengenai teks eksposisi yang bisa disampaikan. Teks yang berisi kalimat ajakan ini sangat perlu dipelajari untuk menggiring opini seseorang dengan berbasis data yang faktual dengan cara yang singkat, jelas, dan padat.

Referensi:

Wartapoin.com